Thursday, October 17, 2019

Anjing kerap diasosiasikan sebagai hewan peliharaan yang sangat dekat dengan manusia. Tak hanya sekedar menemani, keberadaannya juga sering digunakan sebagai penjaga keamanan maupun berburu.

Oleh anggota Militer dan Kepolisian seluruh anjing dilatih dan ditempatkan dalam sebuah unit pasukan khusus yang sama seperti manusia pada umumnya, anjing yang bertugas pada unit K-9 juga memiliki jangka waktu tertentu.

Mereka akan dipensiunkan jika masanya telah tiba. Sekedar info, para anjing K-9 bertugas maksimal selama tujuh tahun. Mereka akan dilatih pada umur 1 hingga 1,5 tahun dan akan digunakan hingga 5 tahun kedepan.

Kondisi mereka senantiasa di cek setiap saat. Jika masih fisiknya masih layak, tak jarang masa tugas mereka diperpanjang hingga tujuh tahun.

Tak hanya sekedar menjadi penjaga, anjing di kesatuan K-9 kerap digunakan untuk beragam kasus tertentu yang tak bisa dilakukan manusia biasa. Diantaranya adalah melacak tersangka, mencari orang tersesat, mengendalikan massa dan kerusuhan, mendeteksi obat atau bahan peledak tersembunyi dan sebagainya.

Tak jarang, keberadaannnya juga sering dipakai untuk perang psikologi alias menakut-nakuti para pelaku kejahatan.

Penamaan K-9 yang dieja Ca-nine, berasal dari bahasa ilmiah Yunani Canineae familyae. Nama ini merujuk pada salah satu jenis keluarga serigala, Canis, yang merupakan kelompok binatang buas bergigi tajam.

Mereka dicirikan memiliki taring, moncong yang sentiasa terbuka, dan susunan rahang belakang yang sanggup memotong daging. Dan anjing yang digunakan oleh unit K-9, adalah keturunan dari jenis serigala di atas yang telah mengalami evolusi secara genetis.

Tak sembarang anjing bisa masuk dalam pasukan K-9. Semuanya memiliki spesifikasi dan kebutuhan berbeda. Terutama bagi anggota militer dan kepolisian.

Diantaranya adalah jenis German Sheperd yang sangat dikenal di kalangan badan pertahanan negara. Anjing ini berfungsi untuk melindungi petugas, menyerang musuh dan mengendus keberadaan manusia serta obat-obatan terlarang. Ada juga jenis Belgian Malinose yang populer sebagai anjing penyerang yang handal dan menjaga keamanan petugas. (AF)

Tags: , , ,

Related Article

0 Comments

Leave a Comment

FOLLOW US

GOOGLE PLUS

PINTEREST

FLICKR

INSTAGRAM

Social