Thursday, October 17, 2019

Kesetiaan merupakan suatu tindakan yang tidak bisa dinilai dengan segalanya. Kesetiaan muncul dari hati terdalam suatu individu. Kesetiaan bukan hanya dimiliki oleh manusia, melainkan makhluk hidup lainnya, misalkan hewan peliharaan terhadap majikannya dan jika kita membahas tentang K9 tentunya masih banyak orang yang masih kurang mengetahui dan memahami.

apakah pasukan K-9 tersebut, sebagaimana diketahui istilah K-9 sudah menjadi bagian dalam kepolisian dan dunia Militer. Pasukan ini memang sengaja melibatkan anjing karena dinilai bisa bergerak lebih cepat dan memiliki indra penciuman serta pendengaran yang tajam.

Tidak hanya di Indonesia, pasukan anjing ini juga telah digunakan di beberapa negara lainnya. Pasalnya dalam dunia militer, banyak sekali peran yang tidak bisa dilakukan oleh manusia, namun bisa dilakukan oleh hewan berkaki empat ini.

Anjing yang bertugas sebagai K-9 pun bukan sembarangan. Ada beberapa anjing ras besar seperti German Shepherd, Belgian Malinois, Doberman, Rottweiler, Golden Retriever dan di beberapa negara ada pula yang mulai menggunakan Pitbull.

Tapi, pitbull memang tidak digunakan dalam keperluan K9 karena berbagai alasan. Pitbull memiliki target untuk melawan musuh berukuran besar.

Awalnya mereka dibesarkan untuk melawan sapi jantan yang kemudian beralih fungsi menjadi anjing petarung dan berevolusi menjadi anjing pemburu babi hutan.

Karakter alami ini merupakan ciri khas pitbull dan anjing berjenis terrier lainnya. Seekor anjing dengan mangsa yang lebih besar akan bereaksi terhadap gerakan daripada menganalisis atau merencanakan strategi. Selain itu pitbull memiliki bulu yang tipis, dan ini sangat tidak cocok untuk wilayah bersuhu dingin.

Anjing dengan bulu yang agak lebat jauh lebih baik karena bisa membantu sirkulasi udara di sekitar tubuh mereka. Kepolisian memang kerap menggunakan anjing pitbull, namun mereka tidak dilatih untuk tugas pelacakan.

Tentunya polisi akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membelanjakan jenis anjing yang lebih cocok dalam spesifikasi pekerjaannya.

Di satu sisi Belgian Malinois dan German Shepherds atau biasa dikenal (helder) inilah yang paling cocok untuk pekerjaan K9.  (AF)

Tags: , , ,

Related Article

0 Comments

Leave a Comment

FOLLOW US

GOOGLE PLUS

PINTEREST

FLICKR

INSTAGRAM

Social