Media Vietnam Komentari sikap optimis Shin Tae-yong "Timnas Indonesia Hebat Karena Naturalisasi"
Media Vietnam, VN Express, menilai menanjaknya performa Timnas Indonesia belakangan ini tak lepas dari program naturalisasi yang gencar dilakukan PSSI dalam tiga tahun terakhir. Pernyataan itu disampaikan VN Express untuk merespons sikap percaya diri pelatih Shin Tae-yong yang meyakini skuad Garuda bakal melewati Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam dan Filipina. Meski berat, Shin Tae-yong yakin Asnawi Mangkualam dan kawa-kawan bakal lolos ke fase selanjutnya.

"Saya yakin kami dapat bersaing dengan percaya diri dan melaju ke babak akhir pada tahap ini,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Best Evelen.

VN Express pun mengomentari sikap optimis Shin Tae-yong. Mereka menuding dasar dari kepercayaan diri sang pelatih tak lebih dari fakta bahwa Timnas Indonesia kini dpenuhi para pemain naturalisasi berkualitas.

“Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia terus menambah pemain naturalisasi atau pemain keturunan untuk mempercepat kekuatan timnas mereka," tulis VN Express dikutip pada Selasa (7/11/2023).

"Untuk melawan Irak dan Filipina, Shin Tae-yong memanggil pemain naturalisasi Belanda seperti Marc Klok dan striker Rafael Struick."

“Selain itu empat bek keturunan Indonesia lainnya juga dipanggil, yakni Sandy Walsh, Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama."

Terlepas dari tanggapan media Vietnam, Timnas Indonesia memang tengah dalam performa cukup apik sepanjang 2023. Skuad Garuda berhasil mengalahkan tim-tim yang di atas kertas punya ranking FIFA lebih tinggi dari mereka seperti Burundi (3-1, 2-2), Palestina (0-0) hingga Turkmenistan (2-0).

Timnas Indonesia pun saat ini terus merangkak naik di ranking FIFA. Setelah melumat Brunei Darussalam dengan agregat 12-0 pada Oktober, tim Merah Putih kini menduduki peringkat 145 dunia.

Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Irak pada mathday pertama Grup F pada 16 November, sebelum memainkan laga kedua melawan tuan rumah Filipina lima hari berselang.

Sementara laga kontra Vietnam akan berlangsung pada pertengahan Maret. Sebelum berjumpa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia dan The Golden Star Warruors akan saling berhadapan di fase grup D Piala Asia 2023 pada 19 Januari mendatang.

What's your reaction?

Comments

http://igscyber.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations

Disqus Conversations